Selasa, 02 April 2013

Awal Yang Manis



Oleh : Mohammad Dimaz Nugraha





Sekali lagi konsep dan ide dalam hal apapun tak terkecuali dalam pergelaran sebuah festival, merupakan pengaruh yang besar bagi setiap pihak penyelenggara acara dalam menjalankan visi dan misinya. Seiring berjalannya waktu, identitas pihak penyelenggara acara pun setidaknya akan mendapatkan pengakuan jikalau event yang mereka ciptakan dapat diterima dan dinikmati oleh banyak orang. Layaknya sebuah band dengan musik dan lirik lagunya atau juga seperti rumah produksi dengan film-filmnya.

Nama DINJ’VIKA Production sebagai pihak penyelenggara acara mungkin masih sangat asing di telinga kita. Namun hal tersebut tidak membuat DINJ’VIKA Production berkecil hati. Justru gagasan konsep dan ide mereka sebagai pihak penyelenggara acara patut kita acungi jempol. Di umurnya yang masih belia, mereka mampu menciptakan sebuah pergelaran Festival BACKFEST (Bekasi Festival Indie Moment) 2013. Dengan tema “Save Your Generation” yang diselenggarakan pada Minggu (17/03) kemarin, berhasil merangkul dan menyatukan perbedaan dari masing-masing individu dan kelompok para generasi muda yang tersebar di seluruh wilayah kota Bekasi.

Memanfaatkan fasilitas sebuah rooftop di Bekasi Square, merupakan pilihan sangat tepat karena letaknya yang berada di tengah pusat kota Bekasi. Berbekal satu buah panggung musik untuk mengekspresikan seni bermusiknya bagi band-band indie kota Bekasi, festival ini juga menyediakan stand-stand bagi calon creativepreneur muda kota Bekasi yang tergabung dalam wadah perkumpulan distro yang berada di seluruh wilayah kota Bekasi (Bekasi Indie Clothing) maupun kota lainnya. Selain itu disertakan juga tempat khusus bagi teman-teman dari Bekasi Indie Community, untuk  mempertontonkan aktifitas dan kegiatan mereka yang berhasil menjadi pusat perhatian kasat mata para pengunjung.

Tidak tanggung-tanggung, band-band yang didatangkan pun tidak kalah keren. Speak Up, Morfem, Besok Bubar, RajaSinga, The S.I.G.I.T dan Burgerkill adalah jajaran band-band yang mampu membuat kita menyesal jika melewatkannya. Dan tentunya mereka berhasil menyuguhkan penampilan yang begitu apik dihadapan kurang lebih 5000 kasat mata pengunjung yang hadir. 

Bisa dikatakan Festival BACKFEST 2013 adalah satu bentuk nyata dari DINJ’VIKA Production dalam mengapresiasikan kepeduliaannya terhadap pertumbuhan komunitas dan kegiatan-kegiatan kreatif yang ada di kota Bekasi. Sesungguhnya konsep event ini tidak jauh berbeda dengan konsep-konsep festival lainnya yang sering diadakan di kota-kota besar Indonesia. Terkesan datar tetapi menarik perhatian orang banyak, khususnya bagi warga kota Bekasi yang tengah dihinggapi kegelisahan akibat dampak hiruk pikuk pembangunan tata kotanya. Namun satu hal yang pasti, DINJ’VIKA Production telah berhasil memberikan point-point penting yang bersifat edukatif, interaktif, atraktif dan kreatif di dalam event ini. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More