Sabtu, 08 Juni 2013

MUSLIHAT OK.VIDEO - 6th Jakarta International Video Festival




KIRIM VIDEOMU!



MUSLIHAT OK. Video - 6th Jakarta International Video Festival
Pameran, Kompetisi, Diskusi, Program Publik
4-15 September 2013 / Galeri Nasional Indonesia



PENDAFTARAN KARYA

Saatnya merayakan hoax dan sirkus teknologi!

OK. Video Festival tahun ini mengambil tema “akal-akalan” yang dipadankan dengan kata “muslihat”, yang berarti “daya upaya”, “siasat atau taktik”, dan “strategi”. Pemilihan tema ini mencoba melihat, membaca, dan merefleksikan reaksi warga konsumen menyiasati keterbatasan kuasa terhadap teknologi, khususnya teknologi video dan moving images yang menjadi subjek fokus festival ini sejak satu dekade lalu.

Perilaku menyusup masuk dan merusak sistem gagasan teknologi video, terlihat pada budaya video scratch yang lahir sejak video pertama kali didistribusikan ke warga konsumen dan pada era digital saat ini telah berkembang menjadi berbagai macam genre, seperti video hoax dan video mashup yang menjadi tren di kalangan pengguna youtube. Adapun video game sepak bola Winning Eleven 'versi Indonesia' yang muncul di awal 2000-an dengan daftar liga dan pemain lokal. Muslihat warga konsumen untuk menghadirkan pemain-pemain dan klub-klub lokal dengan memodifikasi patch-nya. Tak lama kemudian produsen video game akhirnya mengeluarkan produk-produk yang memberikan kuasa lebih besar kepada pengguna video game. Menambah atau mengubah gagasan fungsi atau nilai guna teknologi video seperti yang dihadirkan melalui DVD player produksi Cina yang berhasil ‘mengabaikan’ sistem teknologi video PAL dan NTSC yang di masa analog menjadi batas kuasa geopolitik.

Teknologi sebagai barang produksi korporasi industri diciptakan dengan keterbatasan, baik dari sisi desain produk, fungsi, usia, jumlah, hingga jenis yang dipasarkan. Keterbatasan ini diciptakan untuk membatasi kuasa warga konsumen terhadap akses penuh pada teknologi tersebut. Keterbatasan kuasa baik pada perangkat keras (benda) dan perangkat lunak (gagasan) yang didesain oleh korporasi industri itu telah memunculkan reaksi dari warga konsumen untuk menyiasatinya.

MUSLIHAT OK. Video - 6th Jakarta International Video Festival menerima karya-karya: multimedia, berbasis moving image, layar tunggal (single channel), karya online, bersifat instalatif / Produksi 2011-2013 / Batas waktu pengiriman 10 Juli 2013/ Pendaftaran karya gratis! / Tiga karya terbaik akan mendapat penghargaan khusus dan diumumkan pada malam pembukaan festival di Galeri Nasional Indonesia.

Informasi lengkap dan formulir pendaftaran bisa didapatkan di www.okvideofestival.org.


OK. Video - Jakarta International Video Festival adalah festival seni video internasional pertama di Indonesia yang telah diselenggarakan sejak 2003 oleh ruangrupa, sebuah organisasi seni rupa kontemporer di Jakarta. OK. Video membuka ruang bagi karya-karya yang membahas fenomena sosial dan budaya di Indonesia dan mancanegara dalam format festival dengan tema spesifik.

Dukung OK Video dengan bantu menyebarkan materi ini dengan menampilkannya pada situs, blog, Facebook, Twitter, atau akun media sosial lainnya.






ruangrupa
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 6
Jakarta Selatan, 12820, Indonesia
T/F: +62 21 8304220

Follow our updates at: www.facebook.com/OKVideoFestival, @OK_Video


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More