Selasa, 14 Februari 2012

Pesta Kostum di HelloFest8


Untuk kesekian kalinya, HelloMotion Academy School of Animation & Creativity kembali mengadakan perhelatan akbar yang bernama HelloFest, sebuah festival tahunan yang bertujuan menjadi wadah kreatif  bagi anak muda untuk mengekspresikan diri mereka melalui karya dan mengembangkan budaya pop di Indonesia.  Tahun ini HelloFest hadir dengan nama baru, yaitu HelloFest8 Anima Expo. Acara yang diselenggarakan pada hari sabtu, 4 Februari 2012 di gedung Balai Kartini, Jakarta dan bertempat di Nusa Indah Theater dan Kartika Expo.

     HelloFest8 Anima Expo tahun ini tetap dengan konten acara utama, mengadakan Festival Film Pendek (HelloFest Movies)Kompetisi Cosplay (KostumMasa)dan Eksibisi produk-produk Pop Culture (Pasar HelloFest). Selain itu HelloFest8 Anima Expo juga mengadakan Lomba Desain Kaos Mandiri dengan bertemakan "Eksotika Indonesia" yang didukung penuh oleh Bank Mandiri yang juga berperan sebagai sponsor utama. Acara HelloFest8 Anima Expo tahun ini semakin lengkap dengan didatangkannya pakar pop culture kenamaan dari Inggris, Fread Deakin, pendiri Airside studio London yang juga menjadi juri festival film pendek (HelloFest Movies) tahun ini.



Antrian di depan pintu masuk gedung Kartika Expo

Sejak pagi para pengunjung sudah mulai berdatangan, bahkan sebelum acara dimulai mereka rela mengantri  dan berdesak-desakan di depan pintu masuk. Tepat pukul 10.00 WIB, acara HelloFest8 resmi dibuka. Para pengunjung yang sejak tadi menunggu, akhirnya bersama-sama masuk dan bertumpah-ruah di dalam gedung Kartika Expo yang menyajikan segala macam produk-produk pop culture. Seperti tokoh-tokoh animeaction figuremovies merchandisestreet fashion, dan berbagai macam aksesoris-aksesoris buatan tangan. Selain itu para pelaku industri kreatif beserta gathering dari komunitas-komunitas kratif dan unik juga turut serta meramaikan acara pasar HelloFest8 ini. Besarnya animo masyarakat berhasil membuat pihak panitia acara kelabakan oleh jumlah pengunjung yang hadir.




Salah satu panggung HelloFest 8 Anima Expo



Suasana pasar HelloFest 8


      Sementara di gedung Nusa Indah Theater kompetisi Cosplay (KostumMasa) juga berlangsung menarik. Banyaknya peserta KotumMasa tahun ini yang berjumlah ribuan, berhasil memecahkan rekor sebagai costume player (Cosplay) terbanyak di Indonesia. Para pengunjung yang tidak sempat mendaftar pun, turut hadir dengan mengekspresikan dan menciptakan kostum-kostum yang tidak kalah unik.




 Pengunjung yang ingin menyaksikan kompetisi KostumMasa




Lucu atau menyeramkan?



Persiapan terakhir sebelum pentas


Rambut palsu, ciri khas dari para cosplayer (Cosplay)


Antusias pengunjung menyaksikan kompetisi KostumMasa



Salah satu penampilan peserta kompetisi KostumMasa



     Pada pukul 18.30, acara terakhir dari serangkaian acara yang diadakan dalam HelloFest8 tahun ini adalah, screening finalis festival film pendek. Dari ribuan film yang sudah masuk, akhirnya terpilih 25 finalis yang memperebutkan 4 kategori lomba, yaitu Best Movie, Best Favourite MovieBest Animation dan Best Favourite Animation. Selain itu, lima karya terbaik dari kategori animasi akan diikutsertakan dalam kompetisi ASIAGRAPH, di Tokyo, Jepang. Selama hampir 2 jam pemutaran berlangsung, berbagai komentar dilontarkan oleh para pengunjung mengenai film yang diputar. Bahkan ada beberapa film pendek yang memberikan hiburan tersendiri bagi para pengunjung yang hadir sehingga berhasil membuat mereka berdecak kagum sekaligus terpukau.

Fread Deakin

     Selesai pemutaran film, Fread Deakin pakar pop culture dari Inggris naik ke atas panggung untuk berbagi pengalamannya dan sharing session tentang perkembangan inovasi industry pop culture di dunia. Selain itu, beliau juga menjelaskan strategi komersialisasi produk animasi dan motion graphics. Tepat pukul 22.00 wib, akhirnya MC mengumumkan ke-5 pemenang kompetisi film pendek HelloFest Movies sekaligus menutup acara HelloFest8 Anima Expo tahun ini.

Written : Dimzkribs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More