Senin, 08 Juli 2013

Saatnya Kita Beraksi Bersama Festival Indonesia Youth Festival 2013


Oleh : Mohammad Dimaz Nugraha




Indonesia Youth Conference (IYC) adalah sebuah kegiatan yang berada dibawah sinergi anak muda dan diselenggarakan oleh anak muda, yang memiliki tujuan mulia yaitu mengumpulkan anak muda Indonesia  untuk berbagi masalah dan ide, serta meningkatkan kepedulian mereka terhadap isu-isu terkini yang tengah berkembang  di Indonesia.

Melalui sebuah kegiatan festival yang diadakan setiap tahunnya, Festival Indonesia Youth Conference kembali hadir di Jakarta, Sabtu, 6 Juli 2013. Memasuki tahun keempat, Festival IYC tahun ini mengusung tagline “Saatnya Kita Beraksi” yang merupakan lanjutan dari tagline tahun-tahun sebelumnya. Menghadirkan  12 topik seminar dan talkshow dengan isu-isu sosial seperti Gerakan Pemuda, Hukum, Kebudayaan, Kesehatan, Kewirausahaan, Kreativitas, Lingkungan, Media & Jurnalisme, Musik Pendidikan, dan juga Politik. Adapun narasumber-narasumber yang ahli dan berkompeten di bidangnya pun turut mengisi acara festival ini, seperti Agus Harimurti Yudhoyono (Gerakan Pemuda), Ridwan Saidi (Sejarah), Arian 13 “Seringai” (Musik), Budiman Sudjatmiko (Politik) dan masih banyak lagi.





Selain seminar dan talkshow, Festival IYC 2013 yang diselenggarakan di Upper Room, Wisma Nusantara, Jakarta, juga dimeriahkan oleh Artspace dan Expo Komunitas. Artspace IYC tahun ini dikuratori oleh 3 seniman muda Indonesia  yaitu; Narpati Arwangga / Oomleo, Anggun Priambodo dan Natasha Garbiella Tontey.  Total sebanyak 32 karya seni yang berhasil lolos seleksi dan dipamerkan dalam Artspace IYC 2013 kemarin. Rata-rata karya mereka yang dipamerkan tahun ini memiliki 3 fungsi, yaitu fungsi pribadi, fungsi sosial dan fungsi fisik.  Keberagaman fungsi dan medium karya berbentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi, merupakan nilai lebih untuk memanjakan mata para pengunjung yang hadir. Rasa kagum dan apresiasi  yang diperlihatkan para pengunjung pun, seakan memberikan suntikan semangat baru bagi para seniman-seniman muda ini, untuk terus konsisten menghasilkan karya. Sedangkan pada Expo Komunitas, Festival IYC tahun ini kembali menghadirkan komunitas-komunitas kreatif yang bergerak sesuai dengan passion dan bidangnya masing-masing.  Dengan cara-cara yang menyenangkan, mereka memperkenalkan komunitasnya kepada para pengunjung.    









Festival IYC 2013 ditutup oleh pertunjukkan budaya dan musik dengan menampilkan The Aftermiles, Lamuru Percussions, Traditional Indonesia Martial Arts (TIMA), White Shoes And The Couples Company dan Maliq & D’ Essentials.  


Foto oleh : Mohammad Dimaz Nugraha


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More