Senin, 02 September 2013

MUSLIHAT OK. Video The 6th Jakarta International Video Festival




ruangrupa mempersembahkan:



MUSLIHAT OK. Video
The 6th Jakarta International Video Festival
5 - 15 September 2013
www.okvideofestival.org

Menampilkan 91 video dan seni media karya seniman yang berasal dari 29 negara dan 6 program kompilasi serta kolaborasi dengan 7 partner


Pembukaan:
Rabu, 4 September 2013 / 19.00
Galeri Nasional Indonesia
Jl. Medan Merdeka Timur 14, Jakarta Pusat

MC: Angganggok & oomleo

Turut dimeriahkan performance art oleh Horio Kanta (Jepang), Tad Ermitano (Filipina) & Duto Hardono (Indonesia), dan Bani Haykal (Singapura), serta pertunjukan musik oleh DJ KRS9TH (Indonesia) dan DJ Andreas Siagian & Budi Prakosa (Indonesia).


Festival:
5 – 15 September 2013 / 10.00 – 20.00
Galeri Nasional Indonesia, Jl. Medan Merdeka Timur 14, Jakarta Pusat


Kurator
Irma Chantily, Julia Sarisetiati, Rizki Lazuardi


Seniman:
Ben Rivers (Inggris), Callum Cooper (Inggris), Christopher Baker (Amerika Serikat), Christian Jankowski (Jerman), Doug Fishbone (Amerika Serikat/Inggris), Faiza Agmad Khan (India), Irwan Ahmett (Indonesia), Julius von Bismarck (Jerman), Karel Doing (Belanda/Australia), Leonard Retel Helmrich (Belanda), Lukas Birk & Sean Foley (Austria/Irlandia), M.R. Adytama Pranada (Indonesia), Toby Huddlestone (Inggris), dan masih banyak lagi.




Melalui tema Muslihat, OK. Video mencoba mengamati dan menyoroti praktik-praktik ‘mengakali’ teknologi yang banyak ditemukan di negara-negara “non-produsen” seperti Indonesia. Muslihat dalam bahasa Indonesia berarti “daya upaya”, “siasat atau taktik”, dan “strategi”. Tema ini dianggap mampu merepresentasikan fenomena praktik mengakali teknologi yang dilakukan oleh masyarakat sebagai konsumen. Muslihat juga dapat bermakna mistis; membuat sesuatu yang mustahil menjadi mungkin. Dengan sedikit “daya upaya” dan “taktik”, sebuah produk teknologi yang diciptakan dengan bentuk dan fungsi terbatas, dapat berfungsi sesuai dengan hasrat maupun kebutuhan si pengguna.

Praktik mengakali teknologi kerap disebabkan oleh dorongan berbagai motif, seperti substitusi atau untuk mencari pengganti, menambah atau mengubah fungsi atau nilai guna benda, menambah usia penggunaan, main-main, estetika, ataupun untuk sengaja menentang, menantang, dan meretas sistem. Bagaimana seseorang mengakali keterbatasan teknologi untuk tujuan pribadi, hingga berkembang menjadi motif yang lebih besar dan mapan, adalah sebuah praktik "Muslihat". Perkembangan teknologi media digital dalam dekade terakhir juga telah memberikan perubahan besar pada cara kita memandang realitas.

Keenam motif tersebut digunakan sebagai pendekatan untuk membaca gagasan besar Muslihat dan untuk menyeleksi karya-karya yang dianggap merefleksikan fenomena mengakali teknologi yang terjadi di masyarakat; bagaimana masyarakat sebagai konsumen menyikapi sekaligus mengkritik kehadiran produk-produk teknologi, khususnya teknologi media dan audiovisual, sebagai benda produksi massal.


Program-program lainnya:
Media/Art Kitchen, berkolaborasi dengan Japan Foundation menghadirkan 23 karya seni media dari Jepang dan Asia Tenggara. Setelah ini, Media/Art Kitchen akan dipamerkan di Kuala Lumpur, Manila, dan Bangkok.
Kurator: Ade Darmawan dan M. Sigit Budi S
Seniman: Duto Hardono (Indonesia), Hagihara Kenichi (Jepang), Jon Romero, Cris Garcimo & Erick Calilan (Filipina), Krisgatha (Indonesia), Lifepatch (Indonesia), Mohri Yuko (Jepang), Muhammad Akbar (Indonesia), Tad Ermitano (Filipina), The Propeller Group (Vietnam), dan masih banyak lagi.

Info lebih lanjut: www.okvideofestival.org/2013/festival/ok-video-muslihat/programs/exhibition


Kompetisi Internasional, membuka kesempatan bagi seniman dan masyarakat luas untuk mengirimkan karya videonya.

Info lebih lanjut: www.okvideofestival.org/2013/shorlisted-videos


Video Out, bekerja sama dengan festival internasional IMPAKT Festival (Belanda) dan Videobrasil (Brazil) yang selama ini konsisten menampilkan karya-karya video.

Info lebih lanjut: www.okvideofestival.org/2013/festival/ok-video-muslihat/programs/video-out


Program Publik, berisi rangkaian diskusi, bincang seniman, festival tur, presentasi kurator, dan workshop yang bisa dinikmati publik dengan gratis.

Info lebih lanjut: www.okvideofestival.org/2013/festival/ok-video-muslihat/programs/public-program








ruangrupa

Tebet Timur Dalam Raya No.6
Jakarta Selatan 12820
Telp/Fax: +6221 8304220
E-mail: info@okvideofestival.org / info@ruangrupa.org
www.okvideofestival.org / www.ruangrupa.org

Facebook: OK. Video Festival
Twitter: @OK_Video


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More