Jumat, 25 Mei 2012

Banyak Kejutan di #18tahunRif

Oleh: Raka Aji Saputra

       
       Inilah waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh rakjat /rif, sebutan fans  dari band asal kota kembang ini. Sebuah momen tepat dalam perayaan 18 tahun berdirinya /rif yang diadakan di Jl.Cikapundung Timur, Braga, Bandung. Sebagai lanjutan atas bahasan kita di preview konser #18TahunRif, dapat dikatakan kalau sudah waktunya dimana /rif sudah mulai merokok seperti kalangan anak muda yang beranjak umur 18 tahun. Intinya semakin liar dan dewasa lah. Sabtu 12 Mei 2012, Bandung sedikit panas siang itu namun malam harinya akan menjadi saksi sebuah pesta ulang tahun berkonsep konser. Persiapan pun sudah mulai dilakukan dari pagi saat /rif soundcheck bersama musisi-musisi hebat.  Namun banyak kejutan yang akan diberikan saat konser ini. 
Langit Bandung sudah mulai gelap, udara dingin pun mulai terasa. Ticket Box sekitar jam 6 sudah mulai dibuka dan tiket dijual dengan harga Rp. 50.000 untuk festival dan Rp. 100.000 untuk VIP Class. Sekitar jam 7 sebelum masuk ke gate, kejutan pertama dimulai dengan penampilan oleh DJ Indra 7 yang memainkan lagu-lagu ciamik dan diiringi oleh pertunjukan sirkus yang dilanjutkan para Sexy Dancer. Wow!!!, Tidak lama kemudian gate sudah dibuka dan para penonton bergegas dengan tertib untuk mengantri masuk ke dalam venue. Semua /rakyat sudah berada di dalam venue saat bendera /rif mulai dikibarkan oleh para fans yang juga datang dari Cirebon, Menteng, Bandung sendiri dan juga kota-kota lain. Semua mata tertuju ketika screen sudah menunjukan gambar yang dimulai dengan tulisan “ Welcome To Rock n Roll Fantasy” dengan alunan gitar dari Jikun dan Ovy yang membuat semua penonton berteriak. Tak lama kemudian, Magi dan Teddy pun naik ke stage dan diikuti oleh Andy yang muncul dari belakang stage saat membawakan lagu pertama. Tidak jauh beda dengan penampilan /rif seperti biasanya, mereka menggunakan kostum glamrock dengan sepatu boots dipadukan dengan celana kulit serta setelan atas ala musisi glamrock 80 an. Pada lagu ketiga muncul Iwa K yang nge-rap mendampingi Andy saat membawakan "Salah Jurusan". Tidak hanya Iwa K, /rif setelah itu mengajak musisi dari Bandung yang bernaung dengan band yang bernama Sarasvati, yaitu Risa Sarasvati dengan membawakan lagu peri kecil, dan mereka mengajak Risa kembali bernyanyi di lagu berikutnya yiatu “Manis Getir”. Kejutan tidak hanya disitu, mantan pemain bass /rif, Iwan juga ikut memeriahkan malam itu dimana Iwan sekaligus "meresmikan" atau mengisyaratkan anak-anak /rif untuk menjadikan Teddy sebagai bassist tetap, bukan sebagai additional lagi. "Kasihan atuh udah lama tapi belum jadi anggota tetap dan tidak diajak foto" Ujar Iwan sambil tertawa. Kemudian lagu "Jenny" menjadi ajang reuni singkat dengan Iwan yang juga dihiasi oleh kecantikan dari para dancer di lagu itu.  Iwan kata Andy merupakan sosok penting dari /Rif. Ketika itu saat turun dari pesawat, Iwan mengungkapkan kepada Andy bahwa dia capek main band dan ingin berkarir di bidang lain. Akhirnya, sekarang /rif resmi berlima lagi, mulai saat ini akan mulai foto berlima. Sangat mengharukan ketika pelukan dan ciuman dilakukan semua personil /rif kepada Teddy. Setelah itu mereka beraksi dengan format akustik. Ovy pun tak luput dari kecanggihan teknologi dengan memakain tablet sebagai gitarnya. Kata Andy “Si Ovy emang paling canggih yang lainnya gaptek”. 
Makin malam, cikapundung tidak terasa dingin karena dibuat panas oleh /rif apalagi sang Gitaris Band Rock GodBless Ian Antono memberikan surprise dengan turut memainkan lagu "Fight", disusul Frontman dari GodBless Achmad Albar di lagu "Radja". "Siapa sih yang ga kenal GodBless?" kata Andy Rif yang sangat senang bisa berkolaborasi dengan musisi yang ingin diajak sepanggung dari dulu. Ternyata konser ini membuat anak anak /rif semakin semangat membuat album berikutnya. Lagu baru “Party Lagi” merupakan sinyal positif untuk kelanjutan album mereka. Sayang, penonton di kelas festival terlalu jauh dari panggung dan terhalang oleh mixer sound hingga lighting beserta kamera video. Namun mereka tetap sing along together sejak awal dengan beberapa songlist seperti "Si Hebat", "Dunia", "Arah", "Beri Dunia Senyuman", "Cinta Adalah", "Joni Esmod", dll sampai ditutup dengan lagu terakhir yaitu “Lo Toe Ye” dengan di-medley di tengah oleh lagu “No Woman No Cry” nya Bob Marley. Pecah!!!, Thats Rock n Roll Fantasy  Night. Happy Anniversay 18th guys!, Mari Pesta!. Cheers.. 


Foto: Aria Adhitya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More