Jumat, 11 Mei 2012

Peluncuran Rurushop Radio


Oleh: Dimaz Nugraha

RURU SHOP RADIO

Minggu, 29 April 2012 kemarin, ruangrupa meluncurkan radio kontemporer tanpa gelombang atau yang lebih dikenal dengan RURU Shop Radio. Radio yang mengudara setiap harinya lewat jaringan internet dan digawangi oleh seniman-seniman muda ibu kota ini, berhasil mencapai listener peak tertinggi diangka mencapai 50.000 pada saat acara peluncurannya. Tepat pukul 16.00 wib, melalui siarannya Joni Simalau salah satu penyiar membuka acara peluncuran radio kontemporer tanpa gelombang ini. Dengan gaya bicara yang khas dan unik, Joni Simalau mengajak para skoyer-skoyer (sebutan untuk pendengar RURU Shop Radio) untuk segera hadir ke ruangrupa, sekaligus menyaksikan ke-absurd-an dan mendengarkan celoteh-celoteh vulgar dari para bintang tamu kondang seperti, Reflecteur Bandi, Vincent Rompies & Arie Dagienkz, The Popo, oomleo & Angganggok, Uncle John (WSATCC) & Sir Daud (The Experience Brothers) yang disiarkan secara langsung via streaming. Selain menampilkan bintang tamu, acara peluncuran RURU Shop Radio juga di meriahkan oleh performance band/pemusik masa kini, seperti The Kuda, Indie Art Wedding, Bin Harlan, V.U.L.T dan Kapitalindo. Acara peluncuran ini, juga dipandu oleh dua penyiar paling skoy dari RURU Shop Radio, Ale Palentino dan Joni Simalau.

Setelah adzan maghrib, para skoyer-skoyer yang turut merayakan acara peluncuran ini, langsung dihibur oleh celotehan-celotehan konyol Vincent Rompies & Arie Dagienkz yang bersiaran dari balik studio mini RURU Shop Radio. Mereka berdua berhasil membuat suasana di ruangrupa menjadi absurd lewat program acara yang mereka bawakan, “AMKM” (Anda Merekues Kami Mencela). Dalam acara peluncuran ini, ruangrupa juga menyediakan ruangan bagi para skoyer-skoyer untuk menyaksikan live performance dari band/pemusik masa kini.

Bin Harlan, seorang penulis lagu dan mantan vokalis C’mon Lennon ini membuka penampilan dengan aksi solonya. Selesai Bin Harlan, Vincent Rompies & Arie Dagienkz kembali mengudara. Tidak lama kemudian, giliran band indie masa kini V.U.L.T unjuk gigi. Band side project dari Hendry Foundation (Goodnight Electric) ini berhasil mengambil hati para skoyer yang mulai ramai berdatangan ke ruangrupa. Di tambah penampilan kekinian yang ditunjukkan oleh Aprimela (WSATCC) dari balik synth-nya, sehingga membuat nuansa musik V.U.L.T menjadi lebih catchy dan tetap skoy.


Malam semakin larut, Vincent Rompies dan Arie Dagienkz undur diri. Namun acara peluncuran RURU Shop Radio masih tetap absurd. Malah kelewat absurd akibat ulah dari duo penyiar oomleo & Angganggok yang memperagakan sebuah gerakan olahraga malam. Acara peluncuran dilanjutkan kembali dengan penampilan dari Indie Art Wedding. Penampilan pasangan suami istri, Cholil Mahmud (ERK) dan Irma Hidayana juga menyuguhkan sebuah musik yang sederhana namun serentetan nada-nada manis dengan lirik-lirik indah terdengar. Lagu seperti “Cinta Itu Sengit”, “Untuk Anak-Anakku Dan Anak Dari Anak-Anakku”, “Hidup Itu Pendek, “Seni Itu Panjang” berhasil membuat suasana malam itu menjadi sangat teduh, seteduh hati pasangan ini.

Penampilan atraktif dari The Kuda merupakan sajian band terakhir di acara launching rurushop radio. Sekelompok anak muda dari kota Bogor ini menampilkan aksi panggung yang sangat menarik dan enerjik, dengan balutan modifikasi Hardcore Punk Rock dengan gaya lama dan tetap baku. Uncle John dan Sir Daud pun menutup segmen terakhir dari acara launching tersebut, dengan membahas drummer-drummer terbaik menurut mereka. SKOY!! :)


Bin Harlan

V.U.L.T. 

 Indie Art Wedding

The Kuda


*Sekilas tentang RURU Shop Radio

Segala macam hal-hal kekinian dari yang remeh-temeh sampai konseptual maupun yang absurd-absurd, dibicarakan dari sudut pandang seni rupa dalam ruang lingkup kebudayaan kontemporer. Selain itu, radio kontemporer kebanggaan ibu kota Jakarta ini juga dipandu oleh barisan penyiar-penyiar paling skoy plus absurd. Seperti Joni Simalau, oomleo, Indra Ameng, DJ Pramuka, The Secret Agents, The Popoh, Ale Palentino, etc. Dengan setia, mereka memandu para skoyer-skoyer sambil memutarkan lagu-lagu yang sangat menghibur sekaligus menggugah jiwa dan raga masyarakat urban kontemporer. Buat kalian yang ingin mendengarkan radio tanpa gelombang pertama di dunia ini, bisa langsung akses ke www.rurushopradio.ruangrupa.org


Foto: Dimaz Nugraha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More