Jumat, 18 Mei 2012

Pameran Tunggal Fotografi "Aftermath: Indonesia in the Mides of Catastrophes"

Oleh: Dimaz Nugraha




“AFTERMATH”

Satu per satu rangkaian foto sekumpulan peristiwa bencana alam seperti Tsunami Aceh, letusan Gunung Merapi Yogyakarta, sampai Lumpur Lapindo di Sidoarjo bergerak perlahan diiringi oleh suara musik yang indah dan syahdu. Sejenak para pengunjung yang hadir, diajak untuk mengenang kembali kedalam suatu kisah yang memaparkan kemenangan jiwa manusia dalam melewati masa yang sarat dengan keputusasaan dan juga kerapuhan saat menghadapi bencana alam maupun bencana buatan manusia sendiri. Rangkaian-rangkaian foto yang tersusun apik dalam presentasi audio visual tersebut merupakan salah satu bagian dari sebuah pameran tunggal fotografi dan presentasi audio visual bertajuk  “Aftermath: Indonesia in the Mides of Catastrophes” yang diadakan di Galeri Salihara, Jakarta.

Semua rangkaian-rangkaian foto peristiwa bencana tersebut diciptakan oleh Kemal Jufri, dalam menyampaikan sebuah rekaman visual perjuangan dan kegigihan manusia di Indonesia dalam melampaui tantangan yang harus dihadapi sebagai akibat dari serangkaian sebuah bencana.

Menurut keterangan di dalam pengantar pameran, Oscar Motuloh (Direktur Galeri Foto Jurnalistik Antara) yang menjadi mentor sekaligus kurator pameran tunggal Kemal Jufri ini menyatakan pendapatnya mengenai sang seniman. “Usaha Kemal adalah untuk mencoba menyampaikan intisari pemikirannya dengan menyusun kolase karya-karyanya ke dalam bentuk rangkaian foto. Gambaran yang terekam dalam rangkaian foto tersebut, lebih dari sekedar artefak seremonial. Karyanya merupakan analisa visual atas catatan bersejarah peradaban kita yang berlaku sebagai tumpuan nyata untuk perenungan jejak-jejak penting yang ditinggalkan umat manusia.”, ujarnya.

Pameran tunggal fotografi “Aftermath: Indonesia in the Mides of Catastrophes”  bertujuan untuk menggalang dana bagi para korban di berbagai daerah bencana di Indonesia melalui hasil penjualan foto-foto. Pameran tunggal ini sendiri akan berlangsung hingga 29 Mei 2012 mendatang.

Foto: Dimaz Nugraha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More