Kamis, 29 Desember 2011

MENGENANG 40 HARI SANG LEGENDA

    Kamis, 10 November 2011, menjadi hari yang berkabung untuk semua musisi rock tanah air. Salah satu musisi legend milik Indonesia yang pernah mengibarkan bendera Indorock di Belanda, Andy Tielman dari The Tielman Brother tutup usia.
     Andy adalah musisi berdarah Indonesia yang lahir di Makassar pada 30 Mei 1936 yang kemudian hijrah ke Belanda di tahun 50-an. Banyak anak muda yang tidak mengenal sosok dia saat ini, namun nama dia menjadi legend di dunia karena dialah yang membuat akar dari musik rock dengan cara memainkan musik dengan style-nya seperti memainkan gitar dengan kaki, diangkat angkat, serta mengigit-gigit senar jauh sebelum Jimmi Hendrik melakukannya. Bahkan The Beatles sendiri mengakui jika mereka terpangaruh musik The Tielman Brother.
     Andy Tielman sendiri pernah bermain di Indonesia saat pergelaran Festival Jakarta Rock Parade, yang ketika itu Ia berkolaborasi dengan musisi seperti Awan dari Sore, Emil dari Naif, dan juga David Tarigan.
     Untuk mengenang sang legenda, dalam 40 harinya, Rumah Film mengadakan acara pada tanggal 13 Desember 2011 bertempat di Binus Senayan. Acara ini menampilkan screening tentang Indorock seperti penayangan Film Rockin Ramona dan juga dokumenter Film Andy Tielman ketika tinggal di Belanda.
     Acara yang awalnya dimulai pada pukul 5 sore, sempat diundur karena hujan yang deras dan pemutaran film baru dimulai sekitar pukul 5.30 sore. Bertempat di suatu ruang kelas dengan lampu dimatikan, screening film Rockin Ramona bercerita tentang asal muasal Indorock di Belanda. Band-band seperti Crazy Rockers dan The Tielman Brother turut andil dalam film tersebut. Penonton sendiri sangat terhibur terutama ketika mendengar backsound yang ada di film tersebut. Ada juga film dokumenter dari Eky yang menceritakan tentang sesosok Andy Tielman yang hidup di Belanda, mulai awal bersama bandnya The Tielman Brothers dan juga bersama keluarganya.
     Diskusi tentang Indorock juga terjadi bersama Denny Sakrie dan Awan Garnida. Awan dari Sore menceritakan tentang bagaimana Indorock bisa Hijrah ke Belanda dan pengamat musik Denny Sakrie juga menjelaskan Indorock dan menceritakan bahwa Andy Tielman yang memang asli orang Indonesia bagian timur, yang suka memainkan musik hawai. Dan saat itu Andy lebih memilih hijrah ke Belanda karena musiknya akan diterima disana.
     Diakhir acara, Awan memperkenalkan sebuah band yang mengusungkan kembali Indorock, mereka adalah The Time Travellers. Sebagai penutup, beberapa lagu cover dari The Tielman Brother dan lagu mereka seperti The Black Eyes dan Keramat Lontar sukses mereka bawakan.


Foto foto Mengenang 40 hari wafat Andy Tielman :







Written by Raka Aji Saputra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More