Jumat, 18 November 2011

NONTON BARENG MUSIK VIDEO FLESH !

OK. VIDEO FLESH – JAKARTA INTERNASIONAL VIDEO FESTIVAL 2011


Minggu, 13 November 2011
Sore ketika pukul 17.00,  sudah banyak anak muda yang memasuki pintu masuk TIM (Taman Ismail Marzuki) dan menuju Graha Bhakti Budaya, Sedang ada apa disana? . Ruang Rupa a.k.a Ruru  proudly present Ok. Video Flesh yang akan menampilkan special screening (Pemutaran Khusus) 25 video musik Indonesia (2001-2011). Acara ini sudah mulai ramai dibicarakan di social media (twitter) dan membuat team kami memutuskan untuk datang dan menyaksikan special screening itu.
Pada saat itu sudah mulai ramai orang berdatangan ke GBB (Graha Bhakti Budaya) dan mulai mengantri untuk registrasi untuk mendapatkan tiker secara free alias gratis dengan cara mengisi buku tamu. Kapasitas GBB sangat besar jadi bisa menampung sekitar  500 orang didalam. Inilah suasana pada saat registrasi tiket.

Ketika masuk kedalam area GBB kita disambut dengan “Video mapping” yang merupakan sebuah teknik menciptakan ilusi optik dengan memproyeksikan gambar diatas obyek-obyek yang berbeda dengan grafik video digital. (seniman: Ricky Baybay Janitra, Chiefy Flickerscreen, Abi Rama)



Sedangkan di halaman luar GBB ada bazaar yang menawarkan produk-produk unik dan kreatif, ditambah art work karya seniman-seniman kontemporer muda.
Setelah asik melihat melihat itu salah satu panitian memberikan pengumuman bahwa kita di ajak ke atas untuk bersiap kedalam Arena GBB. Tetapi sebelum masuk kita di suguhkan dengan opening act band sangat catchy dan asik untuk didengarkan yaitu Hightime Rebellion di area balkon atas gedung GBB. Penampilan yang sangat pas ketika sore dan daerah yang sangat kental dengan kesenian di suguhan dengan penampilan Hightime Rebellion. Mereka main sekitar 30menit dan membawakan Writer in the window yang tidak lama kemaren bagikan lagunya dalam bentuk download legal secara gratis dan juga crest of mind juga mereka bawakan.
Inilah hasil jepretan team kami saat Hightime Rebellion main

                                                                  
Setelah Hightime Rebellion main, MC mengumumkan kita segera siap siap pindah ke area dalam Teater GBB nya setelah bunyi gong terdengar dan juga menyiapkan tiket yang sudah di ambil
Inilah tiketnya

Wow suasana sudah  ramai didalam dan penonton sudah mulai mengisi tempat duduk yang kosong dan ternyata kita juga disuguhi dengan film film pendek yang merupakan bagian dari acara Ok video flesh ini dan sangat kreatif walaupun hanya berdurasi pendek tapi sangat lucu dan mengesankan.
 Tidak lama kemudian acara ini dipandu oleh pembawa acara yang akan menemani penonton hingga selesai acara.


Sang mc telah menjelaskan latar belakang acaranya serta susunan acaranya, lalu MC memanggil 2 orang yang berkontribusi besar dalam project acara ini yaitu Ade Darmawan dan Indra Ameng. Mereka berdua menjelaskan bagaimana memilih 25 video musik Indonesia dalam periode 10 tahun terakhir. Kata mereka, mereka juga mengalami kesulitan dalam memilih video video tersebut karena mempunyai video video yang kualitas nya sangat bagus. Bahkan 1 band saja bisa mempunyai lebih dari 1 video musik yang bagus. Dimana video musik yang ditayankan ini merupakan  band band yang jarang bahkan belum pernah kita ketahui di media televisi atau radio. Jadi video musik ini terpilih yang memiliki elemen elemen artistik, kreativitas dan berbeda dengan video musik yang komersil. Dan video musik ini bisa dibuat dengan low budget bahkan tanpa budget karena keterbatasan band itu sendiri dalam membuat video musik tapi alhasil video musik yang mereka buat sangatlah keren dan bagus sekali , sangat kreatif. Dengan audio visual dan artistik yang  bagus menjadikan video ini layak untuk ditayangkan di special screening  Ok. Video Flesh dan kata mereka “ Kami selaku penyelenggara , selamat menikmati suguhan kami”.
Inilah video yang masuk ke dalam 25  video musik special screening Ok. Video Flesh

Setelah pertengahan film diselingin dengan penampilan band Ibukota yang sangat memukai ketika diatas panggung dari segi wardrobe sampai musik mereka yang bikin meong meong. Dan inilah White Shoes and The Couples Company, Gerai dibuka dan langsung dibuka dengan intro mereka dan akhirnya nona Sari sang vokalis muncul.
Sangat keren penampilan dari mereka yang aktraktif dan membawakan beberapa lagu yang sering dibawakan.
Inilah mereka



Setelah penampilan yang memukau dari WSATC ternyata masih break dan MC memberi pengumuman untuk segera ke balkon luar karena sir dandy sudah menunggu disana. Dan penonton pun langsung keluar dan berdiri menuju balkon tadi yang menampilkan hightime rebellion tadi.
Sir Dandy bersama band nya in the boy, mulai memainkan dengan lagu pertama anggur merah, sangat menghibur sekali pada saat sir dandy main dan bernyanyi bersama. Yang beda dari sir dandy ketika main disini ternyata semua lagu sudah dimainkan dan sudah abis tapi sangat kocak mereka memainkan lagu anggur merah lagi sebelum penutup penampilannya. Sangat memukau sekali mereka bermain.

Lanjut lagi masuk ke area GBB karena akan segera dilanjutkan kembali penayangan special screening 25 video musik, sebelumnya memulai tenyata kita disuguhkan oleh band yang sangat berwarna yang mempunyai fans yang bernama modern darling dan inilah The upstairs. Band new wave yang sering sekali menunjukan konsistensi dalam bermusik pada saat jaman pensi pensi sekolah. Dan kali ini mereka bermain dengan ditemani fans sejatinya modern darling yang dari dulu sangat antusias ketika The upstairs main dengan berdansa dilantai GBB. Sangat keren dan disela sela setelah memainkan lagu jimmy sang vokalis bercerita tentang video musik. Kata Jimmy, kita membuat video tidak tergantung oleh budget fren tetapi tergantung otak kita bagaimana mengaplikasikannya dalam membuat video se minimal budget tapi dengan hasil yang maksimal. Dan langsung dimainkan lagu Digital Video festival.


Setelah penampilan the upstairs lanjut lagi penayangan film nya


Iya sudah selesai sudah penayangan dari semua special screening 25 video musik, keseluruhan memang sangat bagus kreatif dan artistik sekali dan ditutup dengan video musik dari bangku taman – ode buat kota dan langsung ternyata dilanjutkan dengan penampilan live dari bangku taman band jakarta yang bergenre folk dan asik sekali untuk didengar.



 Inilah penghujung acaranya. Dan MC pun masuk lagi ketika setelah penampilan dari bangku taman. Sampai jumpa di Ok. Video Flesh 2013, oh iya ternyata Mc balik lagi dan mengumumkan ada ktp yang hilang dan bagi yang merasa kehilangan silahkan ngambil ke meja panitia. Terima kasih.

Written by Raka Aji Saputra
Photo by Dian Permana 
Contact the writer at raka.malu@yahoo.com

 #MaluMusic&Film

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More