Kamis, 01 November 2012

ICEMA 2012 "Karnaval Musik Indonesia" Diumumkan




Indonesia Cutting-Edge Music Awards (ICEMA) 2012 kini telah memasuki tahap pemungutan suara (voting) yang dimulai di tanggal 1 November 2012 dan akan berakhir di 14 November 2012. Periode pemungutan suara yang terbuka untuk publik ini diperuntukan untuk menentukan pemenang dari kategori “Favourite Song,” “Favorite Album,” “Favorite Group or Duo” dan “Favorite Solo Artist.”

Untuk Kategori “Favorite New Comer” (FNC), pemungutan suara (voting) digunakan untuk menentukan 50 Besar dimana nantinya Dewan Juri ICEMA 2012 akan memilih 5 pemenang berdasarkan beberapa kriteria teknis yang telah disepakati bersama oleh Dewan Juri. Hingga ditutup pada tanggal 31 Oktober 2012, total ada 752 band dan musisi yang mendaftar di kategori FNC dan tersebar hampir di seluruh Indonesia.

Bersamaan dengan tahap voting ini, ICEMA 2012 juga mengumumkan daftar nominasi dari kategori-kategori yang nantinya pemenangnya akan dipilih oleh Dewan Juri ICEMA 2012 yang beranggotakan David Tarigan (pengamat budaya kontemporer), Sandra Asteria (Music Director Trax FM Jakarta), Wendi Putranto (Rolling Stone Indonesia), Denny Sakrie (Pengamat Musik Indonesia) dan Eric Wirjanata (Deathrockstar.info).

Dalam proses pemilihan suara bagi para pemenang kategori-kategori tersebut, Dewan Juri ICEMA 2012 akan dibantu oleh Tim Anggota Suara yang terdiri dari penggiat musik yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bogor, Solo, Jogjakarta, Surabaya, Malang, Bali, Makasar, Medan dan Palembang.

Dalam penyelenggaraan ICEMA tahun ini yang ikut didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, pihak penyelenggara telah menerima pendaftaran lebih dari 350 lagu/album sepanjang periode April 2010 – Juli 2012. Surat suara untuk proses pemungutan suara akan dikirimkan via email pada tanggal 1 November kepada Dewan Juri dan Tim Anggota Suara dari ICEMA 2012. Surat suara akan dikembalikan  kepada pihak panitia ICEMA 2012 pada 14 November 2012 untuk ditabulasi dan hasilnya dirahasiakan hingga digelarnya Malam Anugerah ICEMA 2012.

Rencananya para pemenang masing-masing kategori akan diumumkan pada Malam Anugerah ICEMA 2012 yang akan dilaksanakan pata tanggal 28 November 2012 dan bertempat di Rolling Stone Live Venue, Jl. Ampera Raya No.16, Cilandak, Jakarta Selatan.

“ICEMA kali ini dikerjakan dalam waktu yang sangat sempit, tetapi itu tidak mengurangi kualitas materi-materi yang masuk dalam pendataan dan terbukti dari banyaknya nama-nama baru yang masuk ke dalam nominasi ICEMA 2012 kali ini” ujar Anthono selaku ketua Panitia Penyelenggara ICEMA 2012.

Indonesia Cutting-Edge Music Awards (ICEMA) adalah ajang penghargaan yang diberikan sebagai upaya meningkatkan apresiasi dan publikasi bagi para musisi Indonesia yang memiliki semangat pembaruan dalam menciptakan karya musik dengan bentuk-bentuk ekspresi baru, lewat penjelajahan musikal yang beraneka-ragam, sehingga menawarkan pilihan-pilihan baru akan karya musik berkualitas kepada publik di Tanah Air. ICEMA pertama kali digelar pada tahun 2010 dan kini telah memasuki penyelenggarana yang kedua kalinya.

ICEMA 2012 yang diselenggarakan oleh MACS909 & 7evenotes mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf). Ini sesuai dengan misi dan program Kemenparekraf untuk mengangkat industri musik non-mainstream (bukan arus utama) yang merupakan salah satu wujud aktifitas dari kreatifitas anak bangsa di Indonesia serta meningkatkan  apresiasi Juga wawasan terhadap keberagaman musik Indonesia. Untuk mendukung misi dari Kemenparekraf, ICEMA tahun ini membawa tema “Karnaval Musik Indonesia” sebagai perayaan atas kekayaan ragam musik Indonesia.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai ICEMA 2012 dan melakukan voting untuk kategori yang ada, silahkan mengunjungi website ICEMA di http://icema.co.id/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More