Senin, 02 April 2012

PAMERAN ILUSTRASI POSTER FILM INDONESIA KLASIK





Komunitas GAmbar seLAW (GALAW) bekerja sama dengan Kineforum, telah sukses menyelenggarakan sebuah Pameran Ilustrasi Poster Film Indonesia Klasik. Pameran yang dikuratori oleh Ade Darmawan (direktur Ruang Rupa) dan GAmbar seLAW  sebagai artistic.  Dibuka pada hari Kamis, 22 Maret 2012 lalu, sebanyak 64 poster hasil goresan 18 anggota GAmbar seLAW telah dipamerkan di Galeri Cipta 3, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Pameran yang diselenggarakan sampai tanggal 31 Maret 2012 kemarin, merupakan sebuah  apresiasi dan respon dari komunitas GAmbar seLAW atas undangan dan kesempatan yang diberikan oleh Kineforum dalam menyambut Bulan Film Nasional. Seluruh ilustrasi poster yang ditampilkan dalam pameran ini, mengambil inspirasi dari 20 film Indonesia klasik pilihan Kineforum. Bulan Film Nasional sendiri, merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh kineforum  sejak tahun 2007.  

Seniman-seniman yang terlibat dalam pameran ini, Anis Wuku Wuk  / Aloysius Nitia  / Acul Gaos  /  Bayu Wibowo  /  Bobbyama Agam  /  Danang Sulistyo  /  Efi  /  Dacquoise  /  Jarockbass  /  Johan Ardhika  /  Nastasha abigail  /  Nona Kumis  / Ricky Malau  / Sahal Abraham / Tiffany Ayu P / The Popo / Thuke Wulandari  / Ube ube dan Zul masing-masing mempunyai gaya sendiri dalam mengapresiasikan goresan tangan mereka di atas kertas. Poster-poster yang dipamerkan dalam pameran ini, juga diperjual-belikan kepada seluruh pengunjung yang hadir. Selain poster, penjualan merchandise berupa postcard kontemporer yang kece-kece pun, laku keras hingga menjelang berakhirnya pameran. Seluruh penjualan poster dan merchandise yang telah laku terjual akan digunakan untuk membiayai operasional kineforum. 


Gundala Putra Petir & Catatan Si Boy


Yang Muda Yang Bercinta & Sundel Bolong


Lahirnya Gatot Katja & Tjambuk Api

Melalui pameran illustrasi poster ini, para pengunjung yang hadir terkesan diajak untuk bernostalgia sejenak, mengenal sejarah bangsa lewat poster-poster yang ditampilkan, sekaligus menikmati bersama film-film pilihan Kineforum yang diputar di Bulan Film Nasional. 



Written : Dimzkribs
Photo : Dimzkribs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More