Kamis, 18 Oktober 2012

Bedah Kampus Universitas Indonesia 13 "Ajang Seru-Seruan Calon Mahasiswa"


Oleh: Aria Adhitya



   BKUI 13 adalah cara yang beda dari Universitas Indonesia (UI) untuk memperkenalkan diri kepada calon-calon mahasiswa/i baru. Dalam event ini, siswa-siswi sekolah menengah atas kelas 3 bisa mendapatkan informasi mengenai program fakultas dan jurusan yang ada di UI, serta mengenalkan suasana dan lingkungan kampus. Peserta yang datang cukup ramai karena event ini memang dihelat pada hari Sabtu dan Minggu, meskipun peserta yang datang juga banyak yang berasal jauh dari kampus UI, Depok. Keramaian terlihat sejak antrian peserta pemegang tiket sampai acara selesai.Acara bedah kampus kali ini mengusung tema "Break Your Limit". Kalimat ini sendiri mengisyaratkan pada calon-calon mahasiswa/i bahwa untuk menjadi mahasiswa/i UI tidak sesulit apa yang kita dengar. Acara ini juga bertujuan memberi motivasi bagi para calon mahasiswa, serta meluruskan paradigma umum yang salah tentang UI. Bahwasanya kebanyakan orang berpikir bahwa masuk UI itu susah, dan mahal. Namun kedua hal tersebut adalah informasi yang salah. Akibat informasi yang tidak benar tersebut, kebanyakan calon mahasiswa menjadi seolah kalah sebelum berperang dalam tes SPMB maupun Tes masuk UI lainnya. Karenanya, sangat banyak informasi yang berguna tentang UI yang bisa didapat pada BKUI 13 ini.



   Kegiatan yang ada di dalam BKUI ini diantaranya adalah Bedah Fakultas dan Jurusan, dimana para mahasiswa dari tiap-tiap fakultas mempresentasikan jurusannya masing-masing dengan tema yang berbeda-beda,  yang diadakan di dalam ruangan Balairung UI . Selain presentasi melalui big screen, presentasi juga dilakukan menggunakan seni aksi panggung. Balairung UI sendiri cukup padat oleh peserta peminat jurusan yang bergantian keluar masuk untuk melihat presentasi fakultas dan jurusan yang akan mereka minati. Sesekali, acara di Balairung UI diselingi oleh talkshow yang menghadirkan beberapa tokoh, diantaranya Rose Mini (Psikolog), Ello (Penyanyi), Tere (Penyanyi, Anggota DPR), Tasya Kamila (Penyanyi, Artis), tokoh-tokoh pejabat dan mahasiswa UI serta pembicara-pembicara tamu yang diundang oleh UI. Acara talkshow BKUI 13 ini membicarakan tentang motivasi, informasi-informasi tentang UI, kegiatan perkuliahan, dan pengembangan minat dan bakat yang dibebaskan oleh UI selain bidang akademis.

   Acara Bedah Fakultas dan Jurusan beserta talksow ini sendiri dibagi menjadi 2 hari, Sabtu untuk jurusan IPS dan Minggu untuk Jurusan IPA. Stand-stand jurusan juga bertebaran disekitar area dalam Balairung UI, sehingga para calon mahasiswa bisa mendapatkan informasi lebih lengkap. Setelah itu, peserta juga diajak berkeliling kompleks kampus dan singgah di gedung-gedung fakultas yang mereka inginkan menggunakan transportasi mahasiswa UI, Bis Kuning atau yang biasa disebut Bikun oleh anak-anak UI. Pada saat tiba di gedung fakultas, para peserta akan dipandu oleh guide yang akan memberi informasi tentang fakultas dan jurusan serta informasi mengenai gedung fakultas. Selain acara-acara diatas, acara hiburan dan bazaar juga membuat para peserta betah dan tidak bosan. Deretan stand makanan yang bermacam-macam, stand buku, stand sponsor, dan stand-stand lain setia menghibur isi perut, menggoyang lidah, dan mencuci mata para peserta. Tapi tetap harus sabar mengantri pesanan makanan dan bergantian meja kosong karena memang area stand juga cukup penuh.


   Pendidikan itu sangat penting, karena melalui pendidikan orang bisa memetakan ilmu kita secara subyektif, namun pendidikan juga harus mempunyai daya tarik agar orang mau belajar didalamnya. Pendidikan juga harus disediakan dengan standarisasi yang layak, agar orang betah berada didalamnya. BKUI 13 adalah salah satu contoh ajang promosi pendidikan yang mampu menarik perhatian, mampu memberi pelayanan berbagai informasi, dan UI sendiri bisa menjadi "tuan rumah" yang baik dalam menjamu para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UI. Sampai jumpa di BKUI selanjutnya, sukses terus buat para calon mahasiswa Indonesia.

Photo's : Aria Adhitya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More