Sabtu, 13 Oktober 2012

Sky Avenue 12 "Kembali Muda"


Oleh: Mohammad Dimaz Nugraha



    Mengusung tema Indie&Urban, sebuah acara pentas seni (pensi) yang diselenggarakan oleh SMA Lab School Kebayoran, Jakarta Selatan (6/10) kemarin berakhir dengan manis. Bertempat di Fairground ex-bengkel, SCBD Senayan, perhelatan acara yang mengatasnamakan Sky Avenue 12 ini, berhasil menyuguhkan nuansa harmonis dengan kemasan gaya hidup remaja perkotaan jaman sekarang. Selain menghadirkan sejumlah band-band indie seperti Skyband, Blueballs, Riddle, Streetwalker, Sweetchildren, Roman Foot Soldiers, Play-mates, Casavenue, Sheryl Shenata, dan Paradanika Dahayu, Sky Avenue 12 juga mengadakan marketplace yang bertujuan untuk memperkenalkan karya-karya dan koleksi rancangan para creativepreuner muda Indonesia, yang disajikan khusus untuk menarik minat perhatian kaum urban yang haus akan penampilan dan wawasan tentang gaya hidup.    

    Setelah puas dimanjakan oleh penampilan aksi panggung enerjik band-band indie yang masih hijau namun menyimpan banyak potensi dalam bermusik, kini giliran sekelompok pelakon modern dance dari SMA Labschool Kebayoran, Dazzling unjuk gigi. Sekejap suasana di dalam Fairground menjadi riuh. Bermodal tubuh langsing dengan balutan pakaian yang sedikit terbuka dan bergaya agak nakal, para dancer ini menunjukkan keahlian mereka sambil meliuk-liuk lincah diatas panggung. Penampilan Dazzling pada malam itu berhasil memancing imajinasi seluruh penonton, khususnya kaum adam yang umumnya tengah menjalani masa puber.



      Tidak mau kalah antusias, kaum hawa langsung membalas dengan teriakan histeris saat Hivi tengah bersiap-siap di atas panggung. Band yang baru menelurkan 1 buah album bertema “Say hi! to Hivi!” ini, merupakan salah satu  headline dalam acara Sky Avenue 12. Menyuguhkan genre musik pop yang ceria dan penuh optimis disertai beat yang dinamis, Ilham (vokal), Dea (vokal), Ezra (vokal, gitar), dan Febri (vokal, gitar) sukses membuat kaum hawa menggelinjang hebat saat mereka menyanyikan dua buah lagu andalan, “Indanya Dirimu” dan “Orang Ketiga”.

     Selanjutnya adalah penyanyi pop berdarah Ambon, Glenn Fredly, yang malam itu tampil dengan format band bersama The Bakuucakar. Lewat lagu andalannya seperti “Akhir Cerita Cinta”, “Terserah”, dan ”Terpesona”, penyanyi berusia 36 tahun ini sepertinya sudah paham betul bagaimana menciptakan suasana hati penonton menjadi sejuk dan tegar. Tanpa ragu, seluruh penonton merespon dengan ikut bernyanyi hingga lagu terakhir “You’re My Everything” dilantunkan. Selain menyanyikan lagu-lagu ciptaannya sendiri, Glenn Fredly juga meng-cover lagu ciptaan Iwan Fals, “Bento”. Usai menyanyikan lagu tersebut, Glenn Fredly sempat menyerukan pesan moral kepada seluruh penonton agar tidak menjadi seorang koruptor.  “F*ck The Corruptor!” teriaknya tegas yang langsung disambut riuh tepuk tangan penonton.



     Band terakhir sekaligus menjadi penutup hidangan yang disajikan oleh Sky Avenue 12, adalah Nidji. Band beranggotakan enam pemuda asal Jakarta yang terdiri dari Giring (vocal), Rama (gitar), Ariel (gitar), Adri (drum), Andro (bass), dan Randy (keyboard) langsung mengajak seluruh penonton untuk bergoyang, berdansa dan bernyanyi bersama di atas lantai dansa. Lagu “Jiwa Muda” didapuk sebagai lagu pembuka. Lanjut lagu kedua “Child” yang dimainkan dengan penuh penghayatan. Band yang sudah hampir 10 tahun berkarier dalam industri musik Indonesia ini, langsung menggeber lagu “This is Disco Lazy Time” dimana Giring yang enerjik dan atraktif di atas panggung sukses memancing keringat seluruh penonton. Rentetan lagu-lagu seperti “Biarlah”, “Hapus Aku”, “Shadow” hingga lagu terakhir “Laskar Pelangi” berhasil mengakhiri event tahunan ini dengan klimaks.



      Acara Sky Avenue 12 ini merupakan waktu yang tepat bagi mereka khususnya para pelajar SMA Labshool Kebayoran, untuk mendoktrin pikiran mereka masing-masing dengan hal-hal yang kreatif, bebas dan merdeka. Lupakan sejenak tugas-tugas sekolah, disinilah saatnya kita bersenang-senang sambil menanggalkan seragam kebesaran kita, putih abu-abu.


Photo's: Dian Permana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More