Kamis, 18 Oktober 2012

Solo Exhibition of Saleh Husein "RIWAYAT SAUDAGAR"





ruangrupa mempersembahkan:


RIWAYAT SAUDAGAR
Pameran Tunggal Saleh Husein


Kurator: M.G. Pringgotono

Pembukaan:
Jumat, 19 Oktober | 19.00 wib – selesai
Dimeriahkan oleh para Music Selectah:
David Tarigan
Hydroxydebromide
The Secret Agents

Pameran:
20 Oktober – 2 November 2012 (kecuali hari Minggu)
11.00 – 21.00 wib

di RURU Gallery
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 6
Jakarta Selatan 12820

Gratis!

Saleh Husein menempuh pendidikan di jurusan Seni Lukis, Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta. Selain dikenal sebagai gitaris grup musik White Shoes & The Couples Company dan The Adams, ia juga seorang seniman yang terlibat dalam berbagai perhelatan seni rupa, seperti “Jakarta Biennale XIII 2009:ARENA” di Jakarta; “Occupying Space: ASEAN Performance Art Event” di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. 

Pameran “Riwayat Saudagar” di RURU Gallery ini adalah pameran tunggal pertamanya. Pada pameran tunggalnya ini, Saleh—yang lahir di Jeddah, Arab, pada 1982, dari keluarga keturunan Arab-Jawa—akan beriwayat mengenai sesuatu yang personal, semacam urusan keluarga, namun seru untuk selalu diceritakan lagi; tentang bagaimana perjalanan leluhur kita seakan penuh akal dalam menjalani hidupnya. Mereka berhijrah, berdagang, bekerja, berbaur, dan beranak-pinak. Cerita-cerita seperti itu memang selalu mengundang keakraban, tidak peduli berasal dari etnis apapun. Ruang pamer RURU Gallery juga tidak luput digambari oleh Saleh yang memang sering berkarya mural. Ia memulai karyanya ini lewat riset, hingga kemudian bereksperimen dengan data, lukis, gambar, video,sebagai cara bertutur baru bagi dirinya sendiri. Sekaligus mengajak pengunjung untuk lebih memahami siapa kita.

RURU Gallery mengundang seniman muda M.G. Pringgotono untuk bekerja sebagai kurator pameran kaliini. M.G. menempuh pendidikan seni rupa di Universitas Negeri Jakarta. Ia adalah salah seorang pendiri SERRUM, kelompok yang fokus pada pengkajian masalah-masalah sosial perkotaan melalui seni rupaberbasis pendidikan, di mana program mereka meliputi proyek dan pameran seni rupa, propaganda, street art, mural, maupun penerbitan komik. Terakhir, pada 2011, ia mengikuti program residensi seniman bertema “Urban Research Project”di Seoul Art Space Geumcheon, Korea Selatan.

Karya Saleh Husein dalam pameran ini merupakan eksplorasi dari medium seni gambar yang menghadirkan isu-isu berkaitan dengan soal migrasi, percampuran budaya, sejarah, dan tentunya identitas.



***

Please visit  www.ruangrupa.org and follow us on twitter @ruangrupa. Also visit  www.okvideofestival.org  , www.jakarta32c.org , www.rrrec.ruangrupa.org www.karbonjournal.org , www.jarakpandang.net and join with our group Facebook ruangrupa.








ruangrupa
     Tebet Timur Dalam Raya No.6
     Jakarta Selatan 12820
     Telp / Fax : +6221 8304220
     www.ruangrupa.org
     info@ruangrupa.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More